Sunday, August 7, 2016

PIZZA AYAM SAUS BARBEQUE

Oleh : Resna Natamihardja

     Putri saya sudah mulai masuk Taman Kanak - Kanak tahun ini.  Dia mulai bersosialisasi lebih luas.  Salah satu dampaknya dia pun mulai mengenal makanan lain selain yang dibuat dan dibelikan ibunya.

     Seperti suatu hari tiba - tiba putri saya tiba - tiba berkata, "makanan yang dibawa temen Teteh rasanya lebih enak daripada makanan Teteh yang bibawa dari rumah."

     Saya mengernyitkan kening, "memangnya apa yang dibuat teman Teteh?"

     Dia lalu menyebutkan salah satu merk snack ball yang rasanya sangat gurih.  Snack ini bukan makanan baru, sejak saya kecil pun snack ini sudah sangat dikenal.

     "Kok, bisa tau rasanya enak Teh?"

     Dia tertawa malu, "Kan Teteh dikasih nyicip sama teman.".  Hadeuh....

     Alhasil, saya mencoba kompromi dengan keadaan.  Anak saya sesekali dibekali makanan ringan tersebut tapi dengan wejangan panjang lebar sebelumnya, bahwa makanan tersebut tidak mungkin diberikan setiap hari, hanya sesekali saja.  Untungnya dia masih okey.

     Dan di suatu akhir pekan, tiba - tiba dia mengajak cooking membuat Pizza.

     Sebenarnya dia pernah mencicipi Pizza di sebuah gerai pizza terkenal, Pizza Hut, yang ada di sebuah mall besar yang ada di kota kami.  Selama ini dia tidak pernah meminta repeat.  Kaget juga tiba - tiba dia ngajak bikin pizza bareng - bareng.  Wah, sudah tidak bisa lagi mempertahankan makanan alami untuknya.  Tapi daripada beli pizza sembarangan (karena beli pizza terkenal harganya mahal hehe...), saya terpaksa kompromi dengan keadaan,  saya iya kan ajakan membuat pizzanya.  Jika membuat sendiri, setidaknya diketahui pasti jenis dan kadar bahan yang dimasukkan ke dalam pizza nya.

     Lalu mulailah membuka - buka buku - buku resep yang sudah lama hanya menjadi pajangan lemari.  Pilihan untuk bahan pembuat dough pizza nya jatuh pada komposisi bahan yang terdapat dalam buku terbitan gramedia karya Lily T. Erwin yang berjudul Aneka Pizza Yummy and Tasty sedangkan resep dan cara membuat topping pizza nya saya create sendiri.  Saya membuat pizza yang resep dan cara membuatnya simpel sederhana dan mudah.

     Berikut resep dan cara membuat Pizza ayam Saus Barbeque ala Rumahan yang dibuat bersama dengan koki kecil saya.:

Bahan Dough Pizza :
300 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan margarin (harusnya butter)
1 butir telur ayam
150 ml susu cair hangat (saya pilih jenis susu UHT plain)
1 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir



Bahan Topping Pizza :
Tumis ayam :
200 gram fillet ayam, potong kotak ukuran 1x1 cm
1 butir bawang bombay ukuran kecil, diiris tipis
4 siung bawang putih, cincang halus
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
4 sendok makan minyak goreng untuk menumis

2 butir tomat ukuran kecil, diiris tipis
6 sendok makan saus barbeque untuk spagheti
80 gram keju cheddar jenis quick melt

Cara membuat dough pizza :
1.  Campurkan semua bahan kecuali susu hangat.
2.  Masukkan susu hangat sedikit demi sedikit hingga kalis.
3.   Diamkan selama 2 jam dalam wadah yang ditutupi serbet basah (di buku nya adonan hanya didiamkan 1 jam)

Cara membuat tumis ayam :
1.  Panaskan minyak, masukkan bawang putih hingga harum.
2.  Masukkan ayam, lalu tuang secangkir air.  Masukkan garam dan gula pasir, masak sampai matang.
3.  Sebelum diangkat masukkan bawang bombay, masak sampai layu.

Cara membuat pizza :
1.  Kempiskan adonan pizza yang telah mengembang, bagi dua sama rata (semua bahan pizza ini untuk 2 buah pizza).  Tipiskan berbentuk bulat dengan diameter kurang lebih 22 cm dalam loyang untuk cookies yang telah diolesi margarin sebelumnya.
2.  Olesi masing - masing dengan 3 sendok makan saus spagheti, letakkan tumis ayam dan tomat di atasnya.  Taburi parutan keju.
3.  Bakar dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama kurang lebih 30 menit.

     Mungkin karena saus barbeque yang digunakan sudah mengandung rempah - rempah yang biasa digunakan dalam pembuatan pizza seperti yang ada di gerai terkenal.  Rasa enak dan aroma pizza ini gak kalah dengan salah satu yang dijual disana

     Luar biasa antusiasnya putri saya membuat makanan yang diinginkannya.  Dia mengikuti semua proses, dari mulai meratakan dough, mengoles saus, menata tomat sampai memarut keju.  Jika tidak dilarang, maunya memasukkan pizza mentah ke dalam oven pun dia lakukan sendiri.  Tapi saya hanya mengizinkannya membawa loyang pizza sampai di depan oven.

No comments:

Post a Comment