Saturday, June 25, 2016

MEMBUAT MIE TELUR KENYAL : HOMEMADE EGG NOODLES

Oleh  :  Resna Natamihardja


     My beloved daughter loves noodles.  Itu alasan yang membuat saya 'bergerak' ingin membuat mie sendiri.  Dan inilah cerita cooking experience sewaktu membuat mie.

     Sesuai semangat mencari resep mie tanpa food additive dengan harapan menghasilkan mie telur yang lebih alami dan sehat, ketika searching ternyata banyak ditemukan resep mie telur yang menambahkan jenis pengenyal kimiawi dalam komposisi resepnya, meskipun pengenyal itu dikatakan food grade.  Mulanya saya menemukan resep mie telur tanpa food additive yang hanya berbahan tepung terigu, tepung tapioka dan telur.  Ketika dicoba, ternyata saya tak berhasil menggumpalkan adonan seperti yang diharapkan.  Berfikir mungkin tidak menggumpal karena ukuran telur yang kurang besar, saya tambahkan satu butir telur lagi.  Tapi ternyata masih juga belum menggumpal.  Mungkin saya kurang teliti membaca resepnya.

     Akhirnya saya mencari resep alternatif untuk 'menyelamatkan' bahan, kali ini saya memilih resep mie telur tanpa tambahan pengenyal kimia di www.resepnasional.com.  Karena bahan dasar yang dimiliki adalah adonan yang sudah setengah jadi, dengan jumlah telur yang dan tepung tapioka yang lebih banyak, daripada jadi adonan mubazir (saya fikir nilai gizinya jadi bertambah dengan telur yang lebih banyak hehe..), dilanjutkanlah proses pembuatan mienya dengan modifikasi pada resep.  Alhamdulillah,  anak saya suka dengan mie yang dihasilkan, dia bahkan bisa menyantapnya tanpa tambahan apapun.  Karena penyesuaian itu, komposisi bahan jadi sedikit berbeda dengan resep aslinya.  Ini komposisi bahan resep mie telur yang saya gunakan :

250 gram tepung terigu protein tinggi      
50 gram tapioka
3 butir telur
3 sdm minyak sayur
60 ml air putih (gunakan seperlunya saja)
2 sendok teh garam



     Demikian pula karena proses awalnya menggunakan resep pilihan sebelumnya dan adanya penggunaan alat pencetak mie manual dalam prosesnya, cara membuatnya pun menjadi sedikit berbeda dengan resep aslinya.  Ini susunan proses/cara membuat mie telur nya:

1.  Campurkan tepung terigu protein tinggi, tepung tapioka dan garam.

2.   Masukkan telur satu persatu, aduk hingga rata.

3.   Masukkan minyak sayur dan air, uleni hingga kalis.  Diamkan 1 jam




4.   Bagi adonan menjadi 16 bagian.

5.  Siapkan alat pencetak mie manual,  tipiskan adonan mie dengan posisi knob nomor 2

6.   Taburi dengan tepung terigu cukup banyak.  Masukkan dalam pencetak mie. 

7.  Untuk merebusnya gunakan air yang telah dicampur dengan minyak.  Setelah direbus, adonan siap digunakan untuk berbagai masakan mie.

      Ternyata resep dan cara membuat mie telur ini sederhana, simpel dan mudah.  Tidak ribet seperti yang saya bayangkan semula.

     Catatan lain untuk pembuatan noodles ini :

-  Adonan didiamkan selama 1 jam, awalnya karena pada saat pencetakan, mie keluar dari cetakan dalam keadaan berdempet (tak terpisah).  Semula terfikir karena adonan yang terlalu lembek.  Akhirnya saya 'tinggalkan' adonan selama 1 jam, tapi ternyata setelah 1 jam hasilnya tidak berubah.   Teringat mie di abang mie ayam yang selalu penuh dengan tepung, setelah ditipiskan, jumlah taburan tepungnya ditambah, sebelum dicetak.  Akhirnya mie terurai sempurna.
-  Karena resep mie ini tanpa tambahan bahan kimia/pengawet, saya mencoba simpan mie mentah selama 2 hari di cooler (bukan freezer) dalam wadah plastik kedap udara,  ternyata kondisi mie masih bagus ketika diolah,  catatannya sebelum disimpan mienya ditaburi tepung lagi agar tidak saling lengket kembali selama penyimpanan.
-  Sedangkan mie masak yang sudah direbus masih bagus setelah disimpan selama 3 hari dalam freezer.

     O, iya saya melibatkan koki kecil saya dalam proses cetak mie.  Dia senang sekali ketika memutar cetakan mie.  Bahkan ketika saya tanya apakah terasa berat ketika memutar cetakan, dia dengan penuh semangat menjawab tidak.

     Dan bagi yang ingin membuat mie dengan tekstur lebih kenyal tanpa tambahan food additive (pengenyal kimia seperti air ki atau cmc) lengkap dengan topping ayam silakan baca HOMEMADE 'BAKMI DENGAN DAGING ASLI'

No comments:

Post a Comment