Sunday, June 26, 2016

POUND CAKE WITH MILK : MEMBUAT CAKE TANPA EMULSIFIER DAN STABILIZER

Oleh  :  Resna Natamihardja

     Dulu sewaktu belum menjadi seorang ibu,  tak pernah percaya diri rasanya jika membuat cake tanpa tambahan bahan kimia (food additive) seperti emulsifier (TBM, Ovalet, SP) dan stabilizer (Baking Powder, Baking Soda) karena khawatir cake yang dihasilkan bantat.

     Saya menunda memberikan cake pada anak hingga usianya lewat 2 tahun.  Hingga terfikir mencoba membuat cake sendiri dengan menihilkan emulsifier dan stabilizer yang biasanya ditambahkan dalam resep.  Pilihan pertama jatuh pada jenis pound cake.  Cakenya biasanya lebih padat, lembab namun lembut.

     Resep cake yang biasa saya pergunakan adalah resep yang didapat dari ibu - ibu tetangga yang menyebar secara getok tular.  Komposisi resepnya mudah diingat karena semua takarannya 250 gram (margarin/mentega, gula halus dan tepung terigunya) sedangkan telurnya 5 butir jika yang dipergunakan adalah telur bebek dan 6 jika telur ayam.  Resep dan cara membuatnya tidak ribet, sederhana simpel dan mudah untuk pemula seperti saya sekalipun.

    Dan bismillahirohmanirrohim.......dengan alasan kepraktisan, saya mencoba membuat resep cake marmer tanpa bahan pengembang dengan komposisi bahan seperti ini :

200 gram Margarin (saya menggunakan satu sachet margarin untuk cake dan cookies)
250 gram Gula Halus
250 gram Tepung Terigu (saya menggunakan berkadar protein sedang)
2 sachet Susu Kental Manis
6 butir Telur Ayam ukuran sedang
2 sendok makan Cokelat Bubuk, cairkan dengan sedikit air.



Adapun cara membuat marble cake tanpa bahan kimia ini adalah sebagai berikut :
1. Panaskan oven dan olesi loyang tulban yang akan dipergunakan (diameter 22 cm) dengan margarin dan taburi terigu.
2.  Kocok margarin, susu kental manis dan gula halus menggunakan mixer sampai putih.
3.  Masukkan telur satu persatu, kocok menggunakan mixer hingga menyatu.
4.  Masukkan tepung terigu, aduk lagi menggunakan mixer hingga tercampur
5.  Pisahkan kurang lebih seperdelapan bagian adonan, campur dengan cokelat.
6.  Tuang adonan ke dalam loyang, adonan putih di bawah dan cokelat di atasnya, buat motif marmer menggunakan garpu.
7.  Panggang kurang lebih 20 menit dengan api besar kemudian dengan api sedang kurang lebih 25 menit (saya menggunakan oven tangkring)
8.  Setelah 45 menit, cek kematangan adonan dengan lidi/tusuk sate, jika sudah tidak ada adonan yang menempel di lidi maka cake sudah matang (cake matang biasanya juga ditandai dengan ciri bagian pinggir cake sudah tidak menempel ke dinding loyang).

     Hasil resep cake tanpa bahan pengembang kimia yang saya dapat ternyata sama saja dengan dengan cake yang ditambahakan emulsifier dan stabilizer yang biasa saya buat sebelumnya.  Cake sama sekali tidak bantat.

     Meski seperti dalam catatan saya sebelumnya bahwa menihilkan sama sekali bahan kimia dalam pembuatan cake mungkin nyaris mustahil, mengingat bahan pembuatan cake adalah produk industri yang kemungkinan besar sudah mengandung pengawet dan sebagainya.  Tapi setidaknya dalam pengolahan produk akhir yang dilakukan di rumah tidak lagi dibubuhkan bahan tambahan kimiawi lain yang ternyata tidak diperlukan.

No comments:

Post a Comment