Tuesday, June 28, 2016

GARDENING : HAPPINES IS SIMPLE, HAPPINESS CAN BE CREATED

Oleh  :  Resna Natamihardja

     Selain dapur tempat yang menyenangkan untuk beraktivitas di rumah lainnya adalah halaman rumah.  Mengisi halaman dengan berbagai jenis pohon adalah kegiatan yang mengasyikkan.  Jenis tanaman yang saya sukai adalah tanaman yang berbuah.  Sesuai ungkapan happiness is simple, melihat tanaman yang kita rawat berdaun rimbun dan berbuah lebat adalah salah satu hal yang bisa menimbulkan perasaan bahagia.

     Hal yang menjadi tantangan pertama dalam merawat tanaman buah tentulah bagaimana membuatnya berbuah.  Dan pengalaman 'berhasil' menjadikan tanaman yang kita rawat berbuah akan menghadirkan perasaan positif.

     Selain itu, tanaman yang rimbun dengan dahan dan daun yang menaungi sekitarnya akan membuat udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk.  Di siang hari yang terik, terasa sekali perbedaan suhu ketika berjalan kaki di area yang sama sekali ada pohon hingga melewati area yang banyak pohon, kerimbunan daun membuat udara di bawahnya menjadi lebih dingin.  Perasaan bisa memberikan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain juga memperkaya bathin kita.  Suasana yang teduh dan udara yang sejuk membuat sejumlah pedagang keliling kerap menjadikan depan rumah tempat mengaso dan berteduh sejenak.  Sayang saya sekarang belum bisa menunjukkan halaman rumah yang biasanya rimbun, karena beberapa pohon sedang mengalami pemangkasan (pruning) dan peremajaan karena saya menginginkan ketinggian pohon tak melebihi ketinggian rumah.

    Saat musim berbuah, jika buah yang dihasilkan berlebih, kita bisa berbagi ke tetangga.  Meskipun mereka bisa membeli sendiri tapi memberikan buah berkualitas baik dari rumah sendiri setelah selama beberapa waktu sama - sama memperhatikan proses berbuahnya bisa menghadirkan perasaan senang (kebetulan saya memiliki jenis rambutan dan jambu air yang buahnya unggul dengan rasa buah yang sangat manis, tekstur buah yang renyah dan kering, insyaalloh saya akan menceritakannya pada bagian terpisah) .

     Berkebun juga bisa menjadi aktivitas bersama anak.  Terutama pada waktu panen buah, bahkan untuk tanaman yang buahnya jarang dimanfaatkan seperti kedondong mini saya biarkan putri saya memetiknya kapan saja, biasanya dia memanfaatkan untuk bermain masak - masakan.

      Ada hal lain, halaman rumah sengaja tidak ditutupi tembok atau paving block.  Berkali - kali suami menawarkan pemasangan paving block dengan alasan kepraktisan dan keindahan, selalu saya tolak.  Saya fikir biarlah orang lain melakukannya tapi setidaknya saya tidak.  Saya suka aroma tanah yang tersiram air saat hujan tiba.  Selain itu tanah yang tidak tertutup tentulah akan mampu menyerap jatuhan air lebih banyak dan lebih cepat daripada tanah yang tertutup rapat dan permanen meski disiasati dengan biopori sekalipun.  Sekecil apapun saya ingin melakukan hal yang bermanfaat bagi alam sekitar.  Selain itu tanah yang terbuka juga membuat saya lebih leluasa menentukan pengisian halaman.  

     Bermacam perasaan positif yang dihasilkan dari berbagai hal yang dialami karena tanaman yang kita tanam menunjukkan bahagia itu bisa diciptakan, bisa diusahakan.  Hapiness can be created.  Happy gardening....

No comments:

Post a Comment