Saturday, September 10, 2016

BROWNIES KUKUS SIMPEL TANPA EMULSIFIER DAN TANPA PENGEMBANG UNTUK PEMULA

Oleh : Resna Natamihardja

     Setelah tiga kali berupaya membuat bolu kukus mekar tanpa menggunakan bahan kimia belum juga mendapatkan hasil maksimal yang diharapkan, saya akhirnya berubah haluan dan beralih mencari resep cake kukus lain yang kira - kira bisa dibuat tanpa harus menambahkan food additive.  Pilihan saya jatuh pada jenis brownies kukus.

     Di rumah terdapat banyak resep brownies kukus, mulai dari klipingan tabloid jadoel, resep getok tular dari audara sampai buku resep khusus brownies.  Salah satu buku resep brownies yang ada di rumah berjudul 25 Resep kue Paling Diminati Brownies Kukus terbitan Gramedia karya Dapur Alma.

     Dengan berbagai pertimbangan dan perbandingan resep satu dengan lainnya.  Akhirnya saya mengadaptasi resep - resep yang ada dengan mengubah komposisi/takaran bahan dan menihilkan penggunaan emulsifier (TBM/Ovalet/SP) dan pengembang (Baking Powder/Soda).

     Alhamdulillah, saya berhasil membuat brownies kukus tanpa bahan kimia tambahan makanan seperti yang foto dan resepnya ditulis disini.  Ada yang unik dari pembuatan dan penyajian brownies ini,  setelah dingin untuk mencegah semut saya potong - potong brownies lalu dimasukkan wadah kedap udara dan dimasukkan cooler (kulkas).  Ketika dinikmati, rasanya kok sepertinya lebih enak dimakan dingin - dingin.

     Meski seperti yang selalu saya utarakan sebelumnya bahwa menihilkan sama sekali bahan kimia dalam pembuatan makanan mungkin nyaris mustahil mengingat bahan yang digunakan dalam pembuatan cake bukus ini adalah produk hasil industri yang kemungkinan sudah dibubuhi bahan kimia pada waktu produksinya, tapi setidaknya dalam pembuatan produk akhir di rumah tidak lagi ditambahkan bahan kimia (yang food grade sekalipun).

     Dan inilah resep dan cara membuat brownies kukus simpel tanpa penggunaan emulsifier dan pengembang yang saya buat :

Bahan :
5 butir telur ayam
200 gram gula pasir
Diayak hingga tercampur rata : 125 gram tepung terigu protein sedang
                                               25 gram cokelat bubuk
                                               1/2 sendok teh garam
Dipanaskan, angkat lalu aduk hingga leleh : 100 ml minyak sayur
                                                                 100 gram compound milk chocolate

Cara membuat :
1.  Kocok telur dan gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang, putih, kaku dan berjejak.
2.  Masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk dan garam, hingga rata dengan mixer kecepatan rendah.
3.  Masukkan campuran minyak sayur dan compound cake dengan spatula.
4.  Panaskan dandang pengukus (bungkus tutup dandang dengan serbet agar air tidak menetes pada bolu/brownies), siapkan loyang ukuran 18 x 18 cm dilapisi kertas roti.  Tuangkan adonan ke dalam loyang.
5.  Kukus hingga matang (dites dengan lidi bersih, jika kue tidak menempel di lidi artinya kue sudah matang).

     Untuk mempercantik penampilan bisa dihias dengan compound chocolate yang dilumerkan dengan cara ditim (tapi tidak saya lakukan hehe...)

     Sebenarnya saya pernah beberapa kali membuat brownies kukus dengan hasil akhir yang lebih moist (lembab) namun bagian bawah browniesnya selalu basah.  Naaah, kali ini browniesnya sama sekali tidak 'becek' seperti yang beberapa kali saya buat sebelumnya.  Dan cara membuatnya yang dibuat lebih praktis mudah dicoba siapa saja bahkan yang masih pemula seperti saya sekalipun. 

No comments:

Post a Comment