Thursday, September 8, 2016

HOMEMADE MIE HIJAU ALAMI DENGAN TOPPING AYAM KECAP

Oleh : Resna Natamihardja

     Exciting karena seteleh melalui serangkaian uji coba akhirnya bisa menemukan 'formula' yang pas untuk menghasilkan mie telur kenyal dan aman dengan cara yang mudah, akhirnya tergerak ingin meng up grade kualitas mie dari kategori 'aman dan sehat' menjadi lebih sehat lagi dengan memasukkan unsur sayur dalam komposisi bahannya.


     Dan untuk itu saya bermaksud membuat mie hijau dengan pewarna dari sayuran sawi hijau.  Tentu saja dengan takaran yang sudah 'pas' selama ini, saya hanya bisa memasukkan dua sendok makan cairan sayuran ke dalam bahan.  Karenanya untuk praktisnya cairan sayuran ini diambil dengan cara ditumbuk dan diperas airnya.

     Saya jadi semakin senang membuat mie sendiri setelah berhasil meng create formula dengan takaran dalam jumlah yang sedikit sehingga memudahkan dalam pembuatan adonan.  Selain itu tanpa prosedur yang ribet bisa dihasilkan mie yang kenyal tanpa tambahan bahan kimia yang food grade sekalipun.  Sesuai komitmen awal ingin menyajikan makanan yang lebih aman untuk keluarga, saya membuat mie tanpa bahan kimia tambahan makanan sehingga dalam resep dan cara membuat mie ini tidak ada pengenyal ditambahkan (baik STP, CMC atau air abu kie sekalipun). 

      Dalam pembuatannya saya menggunakan alat penggiling/pencetak mie manual yang harganya terjangkau.  Saya sudah lama membeli alat pencetak pasta ini, sudah sejak lima belas tahunan yang lalu, tapi jarang sekali dimanfaatkan karena belum punya resep mie yang 'meyakinkan' (resep yang saya temukan dulu terkesan rumit).  Hanya sekali dua kali digunakan untuk membuat adonan snack seperti pisang molen.  Alat ini tidak disarankan untuk dibersihkan dengan cara pencucian, pembersihannya cukup menggunakan kuas untuk menyapu adonan yang menempel.  Saya membersihkan alat ini selain dengan kuas juga dengan serbet kering, biasanya ditunggu hingga sisa adonan yang menempel kering terlebih dahulu untuk memudahkan penyapuan kuas.  Jangan menyimpan alat pencetak dengan sisa adonan yang masih menempel karena akan membuat bagian yang tertempel adonan menjadi berkarat.

     Sekarang alat pencetak pasta ini jadi sering dimanfaatkan karena sudah menemukan formula yang pas dengan cara pembuatan yang sederhana dan mudah.  Setidaknya seminggu sekali alat ini dipergunakan.

     Untuk membuat mie yang 'enak' sebenarnya bisa ditambahkan penyedap dan kaldu bubuk atau menambahkan minyak bekas menggoreng bawang.  Tapi saya tidak menambahkan bahan tersebut karena mie saya masih 'laris' (di rumah hehe...) meski tanpa tambahan penyedap rasa tersebut.  Anak saya bahkan bisa menikmati mie tanpa topping ayam.

     Dan kali ini saya membuat Mie Hijau dengan topping yang menggunakan bumbu berbeda dengan yang pernah diposting sebelumnya.  Dan inilah resep dan cara membuat  Mie Hijau Alami Topping Ayam Kecap yang saya buat :

Resep dan cara membuat Mie Hijau :

Bahan Mie Hijau :
150 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung tapioka
2 butir telur ayam
2 sendok makan minyak
2 sendok makan air perasan sawi hijau
1/4 sendok teh garam
Untuk taburan : Tepung terigu protein tinggi

Cara membuat Mie Hijau :
1.  Campurkan semua bahan, aduk hingga kalis.  Diamkan 1 jam, bagi menjadi delapan bagian.
2.  Tipiskan mie menggunakan knob nomor 2, taburi hasil adonan yang telah ditipiskan dengan tepung terigu.
3.  Cetak mie dan taburi kembali dengan tepung terigu protein tinggi.
4.  Jika akan dihidangkan, rebus terlebih dahulu selama kurang lebih 3 menit hingga matang.

Resep dan cara membuat Topping Ayam Kecap :

Bahan :
200 gram fillet ayam, cincang kasar
1 lembar daun salam
1 batang serai
4 sendok makan kecap
2 sendok makan minyak sayur
1 sendok makan minyak wijen
garam (saya gunakan kurang lebih 1/2 sendok teh)
Bumbu halus : 4 butir bawang merah
                      2 siung bawang putih
                      1 ruas jari kunyit tua
                      1 ruas jari jahe
                      1/2 sendok teh merica

Cara membuat Topping Ayam Kecap :
1.  Panaskan minyak, tumis bumbu halus dengan api kecil.
2.  Masukkan ayam, tuang kurang lebih secangkir air.  Masukkan bumbu - bumbu yang lain.
3.  Biarkan hingga air berkurang dan ayam matang.  Angkat.
4.  Bubuhkan di atas mie yang telah direbus saat akan disajikan.

     Warna mienya hanya semburat hijau tipis.  Mungkin karena warna hijau sawinya kurang pekat.  Yah, berarti lain kali jika membuat mie hijau lagi saya harus memilih sawi dengan warna hijau yang tegas.

No comments:

Post a Comment