Wednesday, August 24, 2016

CIPE : VARIAN LAIN GORENGAN TEMPE

Oleh : Resna Natamihardja

     Sebenarnya sebutan 'mendoan' untuk gorengan tempe yang sengaja tidak dibuat matang penuh sewaktu kecil jarang saya dengar.  Tapi entah mengapa seiring meningkatnya popularitas 'mendoan' sebagai oleh - oleh khas Banyumas (Purwokerto) nama gorengan tempe di daerah Priangan dan sekitarnya diganti dengan sebutan 'mendoan'.

     Banyak rumah makan atau warung nasi yang saya datangi menawarkan 'mendoan' dalam daftar menunya. Rasanya tentu saja berbeda dengan 'mendoan' asli Banyumas yang aromanya khas.  Pencantuman nama makanan dengan nama lain yang identik dengan jenis makanan serupa kemungkinan untuk mempermudah 'penyampaian informasi' pada konsumen, sehingga penjualnya tidak perlu susah payah menjelaskan deskripsi makanan yang dijualnya.

    Padahal ada nama lain untuk makanan jenis ini yang biasa digunakan terutama di pedesaan di Tasikmalaya.  Yakni Cipe, singkatan dari aci dan tempe komponen utama pembuatannya.

     Namun di Tasikmalaya ada juga warung nasi tutug oncom terkenal yang menggunakan istilah Cipe untuk gorengan tempe yang dibuatnya.  Dan penjualnya tak perlu menguraikan jenis produk yang dijualnya karena Cipe nya digoreng di depan pengunjung.  Cipe ini memiliki kelezatan yang berbeda dari mendoan , mendoan lebih kaya bumbu aromatik dengan kekhasan tersendiri.  

     Cipe hangat memang teman yang cocok untuk dimakan bersama dengan nasi tutug oncom atau nasi cikur.  Apalagi dicocolkan pada sambal goang yang memang sudah menjadi menu tambahan standar nasi tutug oncom selain lalap dan sedikit ikan asin.

     Dan kali ini saya menyajikan resep cipe yang biasa saya buat di rumah dengan bahan dan cara membuat sebagai berikut :

Bahan pembuatan cipe :
8 iris tempe ukuran kurang lebih 6 x 6 x 1/2 cm
1 gelas tepung terigu serbaguna atau protein rendah
1 gelas air
1 batang daun bawang diiris  1/2 cm
1/2 sendok teh peres garam (bisa ditambah jika kurang)
1/4 sendok teh gula (saya gunakan sebagai pengganti penyedap/kaldu bubuk)

Bumbu halus : 3 butir bawang merah
                      1 siung bawang putih
                      1/4 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
1.  Campurkan semua bahan kecuali tempe dalam satu wadah aduk hingga rata, diamkan kurang lebih 1 jam.
2.  Celupkan tempe ke dalam adonan tepung.
3.  Goreng dalam minyak panas yang banyak sampai matang tapi tidak sampai kering.

     Komposisi tepung yang digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan.  Jika menginginkan cipe yang lebih lembut bisa digunakan tepung terigu seluruhnya, tapi bisa juga menggunakan cempuran tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 1 : 1/2 atau menggunakan tepung terigu, tepung beras dan tepung tapioka dengan perbandingan 1 : 1/2 : 1/2.

     Jadi mengapa harus mengenalkan varian berbeda dari gorengan tempe dengan nama yang sama jika masing - masing meiliki kekhasan yang berbeda.  Mungkin rumah makan di daerah Priangan perlu lebih percaya diri mengenalkan Cipe dalam daftar menunya bisa saja dengan tambahan keterangan Cipe sebagai 'mendoan van Priangan'.

     Untuk melihat perbedaan Cipe dan Mendoan silakan baca : MENDOAN : VARIAN GORENGAN TEMPE PALING POPULER
     

No comments:

Post a Comment