Thursday, August 18, 2016

HOMEMADE 'BAKMI DENGAN DAGING ASLI'

Oleh : Resna Natamihardja

     Terinspirasi dari bakmi instan dengan topping daging ayam dan jamur asli yang belakangan 'naik daun' yang kemudian diikuti produk - produk sejenis peniru-nya, terbersit keinginan membuat versi rumahannya.  Rencananya saya akan mengujicoba dengan mengemasnya dalam kemasan satu kali saji, satu bagian mie dan satu bagian ayam dalam satu kemasan untuk disajikan setiap hari untuk minimal tiga hari.

     Resep dan cara membuat topping ayamnya dibuat dengan menduga - duga dari rasa topping ayam dan jamur dalam bakmi yamin instan yang sekarang diikuti produk sejenis dari produsen mi berbeda dengan rasa yang berbeda pula.  Yang tercium kuat disana adalah terutama aroma minyak wijen.  Sedangkan mie nya akan dibuat tetap dengan resep mie tanpa tambahan food additive atau bahan pengenyal kimia hasil industri.  Tapi karena ingin membuat mie yang lebih kenyal, saya mengubah sedikit komposisi tepungnya.

     Dan inilah resep dan cara membuat topping ayam dari bakmi ayam versi rumahan yang saya buat.  Kali ini tanpa jamur karena saya terlewat menuliskan jamur kancing/merang (champignon) dalam list yang dibawa asisten rumah tangga ke pasar.

Bahan Topping Ayam :
200 gram ayam, cincang kasar
1/2 butir bawang bombay ukuran sedang iris sedang
3/4 sendok makan garam
3/4 sendok makan gula
1 sendok teh sus tiram
2 sendok makan minyak wijen
2 sendok makan minyak sayur



Bumbu Halus :            4 siung bawang putih
                                  2 butir bawang merah
                                  seujung sendok teh merica
                                  seujung sendok teh pala


Cara membuat Topping Ayam :
1.  Panaskan minyak sayur, masukkan bumbu halus dan tumis hingga harum.
2.  Masukkan ayam, tambahkan segelas air, masukkan garam, gula, saus tiram dan minyak wijen.
3.  Terakhir masukkan bawang bombay iris hingga layu.

    Topping ayamnya dibuat dengan rasa lebih kuat karena niatnya ingin membuat hamemade mie instant yang praktis, alami dan simpel (mudah untuk disajikan).  Sehingga nantinya cukup dengan meletakkan mie dan topping ayam dalam wadah kaca tahan panas dan dihangatkan dalam microwave atau dikukus, mie ini dalam hitungan menit bisa langsung disajikan.

     Sedang resep dan cara membuat mie nya adalah sebagai berikut :

Bahan Mie Telur Homemade :
150 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung tapioka
2 sendok makan minyak sayur
2 sendok makan air
2 butir telur
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Mie Homemade :
1.  Campur semua bahan, uleni hingga kalis.  Diamkan selama satu jam.
2.  Bagi adonan menjadi delapan bagian
3.  Giling mie dengan alat pencetak mie manual dengan menggunakan knob nomor dua.  Taburi hasil gilingan tahap dua ini dengan tepung terigu
4.  Cetak mie dengan alat pencetak.
5.  Siapkan air perebus mie, didihkan air dengan menambahkan minyak.  Setelah mendidih rebus mie selama kurang lebih 3 menit hingga matang.

     Rencana awal, saya akan menyimpan mie matang dan topping ayam dalam freezer untuk ditest setiap hari.  Tapi ternyata saya tidak bisa melanjutkan ujicoba yang direncanakan karena mie nya keburu habis dalam satu hari hehe...

     Resep bakmie yam ini bisa untuk 4 porsi, cara penyajiannya cukup dengan meletakkan mie yang sudah direbus dalam mangkok langsung dibubuhi topping ayam beserta bumbu ayam di atasnya.  Bagi penyuka pedas bisa disajikan dengan saus sambal cabai botolan.

     'Bakmi dengan daging asli' buatan sendiri bebas food additive baik pengenyal maupun pengawet kimia siap dinikmati.

     Untuk yang ingin membuat mie sehat dengan pewarna dari sayuran dengan bumbu topping yang berbeda silakan baca MIE HIJAU ALAMI DENGAN TOPPING AYAM KECAP

No comments:

Post a Comment