Thursday, August 11, 2016

NOSTALGIA CUP BOLU KUKUS DARI KERTAS ROTI

Oleh : Resna Natamihardja

     Sebenarnya minggu ini saya sudah mengujicoba resep bolu kukus mekar, sesuai semangat meminimalisir food additive saya mencoba resep bolu kukus mekar tanpa emulsifier tapi karena hasilnya belum maksimal, resep tersebut tidak bisa saya posting.  Resepnya masih harus diperbaiki.  Nanti jika hasilnya sudah maksimal baru akan saya tayangkan.

     Tapi saya punya cerita lain dari proses pembuatan bolu kukus tersebut (percaya kan bahkan dari sebuah kegagalan sekalipun ada yang bisa dipelajari...hehe)

     Ketika akan membuat bolu kukus, seingat saya masih ada stok cup kertas di rumah.  Ternyata setelah dicek stok kertas tersebut tidak ada, yang ada sisa kertas roti bekas membuat penganan yang lain.  Saya masih ingat, dulu waktu kecil, ibu saya biasa membuat cup kertas untuk bolu kukus dari kertas roti.  Setelah diingat - ingat tentang cara membuat cup kertas untuk bolu kukus ini, alhamdulillah ingatan saya masih cukup baik tentang cup kertas ini.

     Inilah cara membuat cup kertas 'jadul' yang berhasil saya remake :


1.  Lipat kertas roti 8 bagian ke arah panjang dan 6 bagian ke arah lebar.  Hasil lipatan nampak pada gambar sebelah.  Potong potong kertas sesuai lipatan yang telah dibuat, hasilnya adalah 48 buah bujur sangkar.






2.  Kertas roti berbentuk bujur sangkar ini dilipat bentuk segitiga, buka dan lipat bentuk segitiga kembali pada bagian yang berseberangan.








3.  Letakan cetakan di atas kertas roti. Lipat kertas roti pada bagian pola lipatan yang sudah dibuat sebelumnya seperti pada gambar.


















4.  Letakkan cup kertas yang sudah dilipat ke dalam cetakan dengan cara memasukan cup kertas dan pencetak ke dalam sebuah cetakan lain.









5.  Tumpuk cup kertas yang sudah jadi dengan cara dijepit bagian atas dan bawahnya dengan cetakan.







Cup bolu kukus dari kertas roti buatan sendiri siap digunakan.

No comments:

Post a Comment