Friday, August 5, 2016

MEMBUAT GEHU : TAHU ISI TAUGE DAN AYAM

Oleh : Resna Natamihardja

     Di kota Tasikmalaya snack bernama Gehu Pedas pernah sangat 'booming' dengan beragam 'trademark' yang menunjukkan kadar kepedasan seperti 'Hot Jeletot' (panas menyengat), 'Hot Molotot' (panas sampai membuat mata terbelalak) dan lain - lain.

     Makanan ini bukanlah makanan masa kini.  Gehu berasal dari singkatan tauge dan tahu, bahan utama dari makanan ini.  Bukan pula makanan khas yang hanya ada di Jawa Barat karena di daerah lain pun terdapat makanan serupa dengan nama lain Tahu Isi atau Tahu Susur.  Tak jelas asal mula makanan ini.  Yang pasti sudah sejak puluhan tahun makanan ini pasti terdapat di setiap tukang gorengan kaki lima.

     Dari sekedar gorengan tahu berisi tauge, muncul beragam modifikasi Gehu, seperti Gehu Isi Sambal Pecel ataupun Gehu Pedas.  Semua jenis Gehu ini mudah diperoleh di jajanan pinggir jalan.  Meski penjual jenis Gehu Pedas tidak lagi sebanyak pada saat sedang 'booming' tapi makanan Gehu baik yang standar maupun modifikasi sebenarnya tetap memiliki banyak penggemar. 

     Kali ini saya ingin membuat Gehu versi rumahan dengan menambahkan suwiran ayam ke dalam isian Gehu.  Berikut resep dan cara membuat Gehu yang saya buat :


Bahan :
24 buah tahu ukuran sedang digoreng kering (saya biasa menggunakan tahu ukuran kurang lebih 4x4x3 cm yang saya belah dua)
Minyak untuk menggoreng tahu dan Gehu

Bahan isian :
100 gram fillet ayam, goreng sebentar, suwir - suwir
250 gram tauge
1 batang wortel ukuran sedang, parut dengan parutan keju
1 batang daun bawang, iris halus
6 siung bawang putih, cincang halus
2 butir bawang merah, cincang halus
garam secukupnya
gula secukupnya




Bahan pencelup :
1/2 gelas tepung terigu serbaguna
1/4 gelas tepung beras
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 gelas air
garam secukupnya
gula secukupnya

Cara membuat Gehu :
1. Buat isian terlebih dahulu : tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, masukkan suwiran ayam, tauge, parutan wortel, irisan daun bawang, aduk sampai agak layu, bubuhkan garam dan gula pasir, angkat.
2.  Buat belahan di salah satu sisi tahu, masukkan isian tauge ke dalamnya.  Lakukan hingga semua tahu habis dan terisi dengan bahan isian semuanya.
3.  Siapkan bahan pencelup dengan mencampur  semua bahan pencelup, aduk hingga rata.
4.  Panaskan minyak, celupkan tahu yang telah berisi isian tauge ke dalam bahan pencelup, goreng dalam minyak panas yang banyak (Gehu terendam minyak).
5. Goreng hingga adonan tepungnya kecoklatan, angkat.  Siap disajikan.

     Saya sering membuat Gehu untuk teman minum teh sore hari.  Jika ingin membuat Gehu Pedas tinggal ditambahkan cabai rawit merah yang sudah diulek sebelumnya.  Atau bisa dimakan dengan sambal goang yang resepnya bisa dibaca disini

No comments:

Post a Comment