Saturday, October 15, 2016

MEMBUAT PUDING COKELAT SEDERHANA DAN MUDAH

Oleh : Resna Natamihardja

      Agar - agar merupakan makanan yang terkenal sebagai makanan kaya serat.  Untuk menyajikan agar - agar supaya tak menjadi makanan membosankan di rumah saya biasanya mengeksplorasi resep agar bisa menyajikan dengan lebih bervariasi.

     Kali ini saya membuat Puding Cokelat.  Puding Cokelat ini bukanlah makanan yang populer saat ini, resepnya sudah dikenal sejak lama dengan berbagai komposisi dan jenis bahan.  Yang saya catat di sini adalah Puding Cokelat dengan resep yang sangat simpel, sederhana dan mudah dipraktekkan siapa saja.

     Dan berikut resep dan cara membuat Puding Cokelat yang saya praktekan kali ini :

Bahan :
1 bungkus agar - agar
150 gram gula pasir
2 sachet susu kental manis cokelat
2 sendok teh penuh maizena
2 sendok teh cokelat bubuk
650 ml air 





Cara membuat :
1.  Campurkan semua bahan, aduk terlebih dahulu hingga rata.
2.  Panaskan hingga adonan meletup - letup.
3.  Basahi cetakan dengan air untuk memudahkan puding keluar dari cetakan.
4.  Tuangkan adonan puding ke dalam cetakan, bekukan.  Setelah beku bisa dimasukkan ke lemari pendingin/chiller.

     Penambahan maizena ke dalam bahan puding bukan saja akan membuat puding menjadi lebih lembut namun juga membuat warna puding lebih merata.  Adanya jenis bahan seperti santan atau susu jika dimasukkan sebagai bahan adonan puding akan membuat sebagian puding berbeda warna, bagian yang lebih putih terkumpul di satu sisi (mengapung di bagian atas puding).

     Puding Cokelat ini bisa dimakan langsung atau bisa disajikan dengan tambahan vla atau susu kental manis agar tampilannya lebih cantik.  Jika akan disajikan dengan vla atau susu kental manis sebagai sausnya maka jumlah gulanya dikurangi menjadi 100 gram, tapi jika tidak mau ribet maka resep di atas rasanya sudah manis (menurut saya hehe...)


No comments:

Post a Comment